mizie.achmad90@gmail.com

Monday 23 September 2013

Tempat Wisata di Yogyakarta 2014

08:17

Share it Please
Tempat Wisata di Yogyakarta 2014 – Yogyakarta merupakan salah satu tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi, saat anda ke Yogyakarta jangan lupa berkunjung ke Tempat Wisata di Yogyakarta ini. Apalagi di tahun 2014 ini Yogyakarta banyak sekali terdapat objek wisata yang sangat menarik , bisa dikunjungi sendiri ataupun bersama keluarga, pastinya pada saat libur panjang atau liburan akhir sekolah bagi pelajar.

Yogyakarta adalah daerah peleburan Negara Kesultanan Yogyakarta dan  Negara Kadipaten Paku Alaman yang setara dengan provinsi setingkat di Indonesia. Dengan banyaknya peninggalan-peninggalan masa lampau pada masa penjajahan dulu , Yogyakrta di kenal sebagai Kota Budaya yang cukup tersohor di belahan Bumi.

Belum lagi banyaknya peninggalan candi, situs-situs dan monumen-monumen bersejarah membuat Yogyakrta menjadi daerah pariwisata favorit di Indonesia. Bukan Hanya monumen dan candi-candi saja yang menjadi tolak ukur wisata di Jogja. Melainkan wisata alamnya yang bagus seperti pantai parangtritis dan masih banyak wisata pantai lainnya.

Beberapa tahun lalu Yogyakarta mengalami bencana besar-besaran atas meletusnya gunung Merapi. Namun hal ini tidak menyurutkan para wisatawan asing untuk berkunjung ke Yogyakarta. Malah setelah terjadi bencana tersebut, para wisatawan begitu antusias untuk melihat kondisi Gunung Merapi. Tentu ini menjadi sarana baru untuk membangkitkan pariwisata Yogyakarta di tahun 2014.

Walaupun wisata Jogja tidak sepopuler wisata yang ada di Pulau Bali dan Pulau Lombok. Namun dilihat dari aspek objek yang sangat banyak di wilayah ini, Yogyakarta patut menjadi daerah yang memiliki objek wisata bertaraf Internasional. Di lihat dari ruang lingkup yang cukup dominan dan Hotel-hotel berbintang menancap tajam di tanah Yogyakarta menandakan daerah ini adalah daerah yang berpontensi tingkat tinggi sebagai daerah wisata. Berikut akan kami jabarkan nama-nama dan tempat-tempat objek wisata yang ada di Yogyakarta di tahun 2014

Wisata Candi

  • Candi Prambanan, Candi Hindu Tercantik di Dunia
  • Candi Kalasan Peninggalan Budha Tertua di Yogyakarta
  • Kraton Ratu Boko, Kemegahan di Bukit Penuh Kedamaian
  • Candi Ijo, Candi yang Letaknya Tertinggi di Yogyakarta
  • Candi Abang ; Dusun Candiabang, Kelurahan Jogotirto, Kecamatan Berbah, Sleman, Yogyakarta. Tempat candi ini berada juga berdekatan dengan Bandara Adisucipto
  • Candi Gampingan ;  Dusun Gampingan, Kelurahan Sitimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, yaitu di sebelah timur kota Yogyakarta
  • Candi Sari ;  di bagian sebelah timur laut dari kota Yogyakarta
  • Candi Kedulan ;  di Dusun Kedulan, Kelurahan Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Yogyakarta
  • Candi Sambisari ; adalah candi Hindu (Siwa) yang berada kira-kira 12 km di sebelah timur kota Yogyakarta ke arah kota Solo
  • Candi Sorogedug ; 
  • Candi Kimpulan ; sebuah peninggalan purbakala di lokasi kampus Universitas Islam Indonesia (UII) di Dusun Kimpulan, Desa Umbulmartani, Kecamatan Ngemplak, Sleman, Yogyakarta, Indonesia.
  • Candi Gembirowati ; dusun Watugajah, Desa Girijati, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul,
  • Candi Klodangan
  • Candi Banyunibo ; bagian sebelah timur dari Kota Yogyakarta ke arah Kota Wonosari
  • Candi Morangan ;dusun Morangan, kelurahan Sindumartani, kecamatan Ngemplak, Sleman, Yogyakarta
  • Candi Risan
  • Candi Palgading
  • Candi Watu Gudhig
  • Candi Dawangsari
  • Candi Miri
  • Candi Keblak
  • Candi Gebang
  • Candi Barong
  • Candi Pringtali
  • Situs Mantup
  • Situs Payak
  • Situs Mangir
  • Situs Arca Bugisan
  • Situs Arca Gupolo ; di wilayah kelurahan Sambirejo, kecamatan Prambanan, Yogyakarta.
  • Situs Gua Sentono ; di dusun Candi Abang, kelurahan Jogotirto, kecamatan Berbah, Sleman, Yogyakarta 

Wisata Pantai

Area Bantul 1

  • Pantai Parangtritis ; di kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Pantai Parangkusumo ;  Kabupaten Bantul, Provinsi DIY
  • Pantai Parangendok 
  • Pantai Depok ; di Kabupaten Bantul, Provinsi DIY

Area Bantul bagian 2

  • Pantai Samas ;  Desa Srigading, Sanden, Bantul atau sekitar 24 km selatan Yogyakarta
  • Pantai PandanSari /Patehan
  • Pantai Goa Cemara ; 
  • Pantai Kuwaru
  • Pantai Baru
  • Pantai PandanSimo

Area Gunungkidul  bagian 1

  • Pantai Baron
  • Pantai Kukup
  • Pantai Drini/Pulau Drini
  • Pantai Watu Kodok
  • Pantai Sepanjang
  • Pantai Krakal
  • Pantai Sadranan
  • Pantai Sundak
  • Pantai Indrayanti

Area Gunungkidul bagian 2

  • Pantai Pok Tunggal
  • Pantai Sadeng
  • Pantai Ngetun
  • Pantai Timang
  • Pantai Jogan
  • Pantai Lambor
  • Pantai Siung ;  di Kec. Tepus, tepatnya berada di Dusun Wates, Desa Purwodadi
  • Pantai Wediombo
  • Pantai Jungwo

Area Gunungkidul bagian 3

  • Pantai Ngobaran ;  Desa Kanigoro, kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul
  • Pantai Ngrenehan
  • Pantai Butuh
  • Pantai Gesing
  • Pantai Wahkudu
  • Pantai Grigak

Area Kulonprogo

  • Pantai Glagah
  • Pantai Congot
  • Pantai Bugel
  • Pantai Trisik

Wisata Belanja

  • Malioboro ;  Jl. Malioboro , Tugu Yogyakarta, Stasiun Tugu, Gedung Agung, Pasar Beringharjo, Benteng Vredeburg dan Monumen Serangan Oemoem 1 Maret
  • Pasar Beringharjo ; Jl. Jend A. Yani Kawasan Malioboro
  • XT Square
  • Kasongan ; kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Pasar Seni Gabusan ; 
  • Pasar tanaman hias dan satwa Pasti
  • Pasar Klithikan
  • Ambarukmo Plaza
  • Galeria Mall 
  • Malioboro Mall ; Yogyakarta Kota Jl.Malioboro
  • Ramai Mall
  • Safir Squere
  • Harjo Mall
  • Sahid Mall

Goa

  • Goa Selarong
  • Gua Rancang Koncono
  • Gua Cerme
  • Gua Pindul
  • Gua Sriti
  • Gua Langse
  • Gua Jepang
  • Gua Sunan Mas
  • Gua Kiskendo
  • Gua Maria Jatiningsih
  • Gua Kebon
  • Gua Kali Suci
  • Gua Bribin
  • Gua Jomblang
  • Gua Grubug
  • Gua Seropan
  • Gua Grubuk
  • Gua Pari
  • Gua Rancang
  • Gua Ngingrong
  • Gua Mariatritis
  • Gua Sigolo-golo
  • Gua Cemplong
  • Gua Jlamprong
  • Gua Tapan
  • Gua Dagang
  • Gua Sumurup
  • Gua Ploso
  • Gua Kesirat
  • Gua Gebangtinatar
  • Gua Kaligede
  • Gua Banyaksongo
  • Gua Cikal
  • Gua Gebang
  • Gua Sodong
  • Gua Banteng
  • Gua Ngobaran
  • Gua Rancangkencono
  • Gua Nogosari
  • Gua Dengok
  • Gua Grengseng
  • Gua Ngularan
  • Gua Kedokan
  • Gua Slisi
  • Gua Sundak
  • Gua Toto
  • Gua Semuluh

Wisata Alam

  • Wanagama
  • Kaliadem ; Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, ± 25 - 30 km utara Kota Yogyakarta.
  • Kaliurang ;  Kabupaten Sleman, di perbatasan dengan provinsi Jawa Tengah
  • Air Terjun Sri Gethuk ; Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Air terjun ini berada di tepi Sungai Oyo.
  • Puncak Suroloyo ;  Desa Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia
  • Gunung Nglanggeran
  • Lereng Merapi

Daftar Museum di Daerah Istimewa Yogyakarta

Museum Sonobudoyo, museum negeri provinsi, Unit I

Alamat : Jl. Trikora (lokasi), Alun-alun Lor Keraton Yogyakarta

Museum Sonobudoyo, museum negeri provinsi Unit II 

Alamat :Dalem Condrokiranan, Jl. Wijilan, Kota Yogyakarta.

Museum Affandi

Alamat : Jl. Solo

Museum Wayang Kekayon

Alamat : Jl. Wonosari Km 7 Yogyakarta

Museum Ullen Sentalu

Alamat : Jl Boyong, Pakem

Museum Pusat TNI AU "Dirgantara Mandala" 

Alamat : Lanud Adisucipto

Museum Seni Lukis Kontemporer Nyoman Gunarsa

Alamat : Jl. Wulung, Papringan, Depok, Sleman.

Museum Benteng Vredeburg

Alamat : Jl. Ahmad Yani

Museum/Monumen Pahlawan Pancasila

Alamat : Kentungan, Condongcatur, Sleman.

Museum Keraton Ngayogyakarta dan Museum Kereta

Alamat : Kraton Yogyakarta

Museum Puro Pakualaman

Alamat : Jl Sultan Agung, Yogyakarta.

Museum Batik Yogyakarta

Alamat : Jl. Dr. Sutomo, Yogyakarta.

Museum Dewantara Kirti Griya

Alamat : Jl. Taman Siswa 31, Yogyakarta.

Museum Monumen Pangeran Diponegoro "Sasana Wiratama"

Alamat : Jl. HOS. Cokroaminoto, Tegalrejo, Yogyakarta. (lokasi)

Museum Pergerakan Wanita, Kompleks Mandala Bhakti Wanitatama

Alamat : Jl. Laksda Adisutjipto No. 88, Yogyakarta.

Museum Perjuangan Yogyakarta

Alamat : Jl. Kolonel Sugiono No. 24, Yogyakarta.

Museum Pusat TNI AD "Dharma Wiratama" 

Alamat : Jl. Jend. Sudirman No. 75, Yogyakarta.

Museum Sasmitaloka Panglima Besar (Pangsar) Jenderal Sudirman

Alamat : Jl. Bintaran Wetan No. 3, Yogyakarta.

Museum Monumen Yogya Kembali

Alamat : Jongkang, Sariharjo, Ngaglik, Sleman.

Museum Batik Yogyakarta

Alamat : Jl. Dr. Sutomo 13 A Yogyakarta

Museum Tembi (Rumah Budaya Tembi) 

Alamat : Jl. Parangtritis Km 8,4, Bantul.

Museum Biologi UGM

Alamat : Jl. Sultan Agung No. 22, Yogyakarta.

Museum Geoteknologi Mineral

Alamat : kompleks Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" di Jl. Babarsari No. 2, Tambakbayan, Yogyakarta.

Museum Kayu Wanagama

Alamat : Desa Bunder, Kec. Playen, Gunungkidul.

Museum Kebun Raya Gembira Loka

Alamat : Jl. Kebunraya, Yogyakarta.

Museum R.S. Mata "Dr. Yap" 

Alamat : Jl. Cik Di Tiro No. 5, Yogyakarta.

Museum Candi Prambanan

Alamat : Kompleks Taman Wisata Candi Prambanan, Sleman.

Museum Batik "Ciptowening"

Alamat : Imogiri, Bantul.

Museum Anak "Kolong Tangga" Teras lantai II Taman Budaya Yogyakarta

Alamat : Jl. Sriwedani, Yogyakarta.

Museum Karbol TNI Angkatan Udara.

Kompleks AAU

Museum Tani

Alamat : Bantul.

Museum Sandi

Alamat : Jl. Kolonel Sugiyono, No 24, Yogyakarta, Gedung Museum Perjuangan Yogyakarta (Lantai II)

Daftar Hotel Berbintang 5 di Daerah Istimewa Yogyakarta

1.Melia Purosani

Alamat : Jl. Suryotomo No 31 Yogyakarta 55122
telp: 0274-589521

2.Hyatt Regency Hotel

Alamat : Jl. Palagan Tentara Pelajar Yogyakarta 55581
telp: 0274-869123

Daftar hotel berbintang 4 di Daerah Istimewa Yogyakarta

Inna Garuda Hotel

Alamat : Jl. Malioboro No. 60 Yogyakarta
0274-566353

Santika Hotel

Alamat : Jl. Jend. Sudirman No 19 Yogyakarta 55233
telp: 0274-56303

Sahid Garden Hotel

Alamat : Jl. Babarsari Yogyakarta
telp: 0274-48888

Century Saphir Hotel

Alamat : Jl. Laksda Adisucipto 38 Yogyakarta
telp:0274-56475

Jayakarta Hotel

Alamat Jl. Laksda Adisucipto Km 8 Yogyakarta
telp: 0274-48841

Comfort Suite Yogyakarta

Alamat Jl. Pringgodani No. 22 Demangan Baru Yk
telp: 0274-51933

Jogjakarta Plaza Hotel

Alamat : Jl. Gejayan, Colombo Yogyakarta
telp: 0274-58672

Quality Hotel

Alamat : Jl. Laksda Adisucipto No. 48 Yogyakarta
telp: 0274-48500

Novotel Yogyakarta

Jl.Jend Sudirman Yogyakarta
0274-58092

Daftar hotel berbintang 3 Daerah Istimewa Yogyakarta

Mutiara Hotel

Jl Malioboro No. 18 Yogyakarta
0274-56381

Puri Artha Hotel

Jl.Cendrawasih NO 36 Yogyakarta
0274-56328

Mercure Hotel

Jl.Jendral Sudirman 9-11 Yogyakarta
0274-56661

Ibis Malioboro

Jl.Malioboro No. 52-58 Yogyakarta
0274-51697

Wisma MM

Jl.Kolombo No. 1 Yogyakarta
0274-55798

Daftar hotel murah Daerah Istimewah Yogyakarta

Vidi I

Jl.kaliurang Km 5 Yogyakarta
0274-56060

Vidi II

Jl.Kaliurang Km 5,2 Yogyakarta
 0274-563786

Vidi III

Jl.Km 5,2 BI CT II/5
0274-58665

Demikian dan sekian dulu artikel kali ini yang berjudul Tempat Objek Wisata di Yogyakarta 2014 mudah-mudahan dapat menjadi referensi anda atau panduan anda dalam berlibur dan berpariwisata.

Sumber : http://id.wikipedia.org/
              http://yoshiewafa.blogspot.com/

6 comments: